Home » Artikel » Transaksi jual Beli Online Secara Aman

Transaksi jual Beli Online Secara Aman

Penipuan secara online sudah bukan merupakan hal yang asing bagi para netter. Seringnya kasus-kasus penipuan secara online menjadikan tren transaksi online masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Saat ini bahkan tidak hanya pembeli saja yang mungkin tertipu, melainkan penjual juga dapat menjadi korban penipuan.
Sebenarnya terdapat berbagai cara untuk mengurangi atau bahkan menghindari penipuan berkedok transaksi online tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum atau saat akan melakukan transaksi secara online.

  1. Jangan tergoda penawaran dengan harga yang sangat murah, apalagi harga yang ditawarkan terpaut hingga separuh lebih dari harga pasaran.
  2. Tawarkan untuk menggunakan jasa rekening bersama atau secara COD. Jika calon penjual menolak dengan berbagai alasan, patut dicurigai adanya indikasi penipuan.
  3. Pada situs maupun forum jual beli tertentu, terdapat sistem reputasi. Lihat profil calon penjual atau pembeli, apakah pernah melakukan penipuan atau tidak.
  4. Gunakan search engine untuk meng-cross check data calon penjual/pembeli. Gunakan keyword "penipuan no_telp", "penipuan PIN_BB", "penipuan no_rek", atau informasi apapun yang berhubungan dengan identitas calon penjual atau pembeli.
  5. Lihat referensi dari beberapa situs seperti www.kaskus.co.id, www.datapenipu.com, www.batamwatch.com, dll. Pastikan bahwa calon penjual maupun calon pembeli tidak terdapat dalam daftar hitam (black list) dari situs-situs tersebut.