Home » Artikel » Kelebihan dan kekurangan penggunaan sistem refill dan infus printer/CISS

Kelebihan dan kekurangan penggunaan sistem refill dan infus printer/CISS (Continues Ink Supply System) pada Printer Inkjet

Banyak sekali para penjual printer yang sekarang menawarkan paket penjualan printer yang sudah menggunakan sistem infus /CISS (Continues Ink Supply System). Yang perlu diperhatikan adalah, apakah benar sistem infus merupakan solusi yang tepat bagi kita? Atau jangan-jangan justru akan menambah masalah baru?



Penggunaan tinta Refill

Kelebihan:
+Relatif lebih murah dari penggunaan tinta original.
+Tidak memerlukan pemasangan perangkat tambahan, sehingga sebenarnya tidak perlu harus ke service center untuk proses refill.
+Resiko terjadi permasalahan pada mekanik lebih kecil dibandingkan sistem infus.
+Perawatan lebih mudah dibandingkan sistem infus.
+Mudah melalukan penggantian cartridge.

Kekurangan:
-Resiko cartridge cepat rusak lebih besar dibandingkan sistem infus, karena jika frekuensi cetak cukup tinggi, maka cartridge sering dilepas-pasang.
-Resiko cartridge banjir jika mengisi/me-refill terlalu banyak.
-Proses pengisian cartridge cukup merepotkan jika sering mencetak, dan jika Anda kurang teliti dan sabar, justru akan sering belepotan tinta.

Penggunaan Sistem Infus/CISS

Kelebihan:
+lebih ekonomis dibandingkan sistem refill.
+tidak perlu repot ata kuatir belepotan tinta pada saat mengisi ulang cartridge.
+head cartridge relatif lebih awet karena tinta yang berfungsi sebagai pendingin head selalu ter-supply.
+resiko cartridge rusak juga berkurang karena proses bongkar pasang cartridge tidak terlalu sering.

Kekurangan:
-tinta sering banjir, sehingga pada hasil cetak terdapat tumpahan tinta.
-sering juga terjadi masuk angin, tinta tidak mengalir.
-resiko kemungkinan shield bocor, tinta tidak mengalir.
-resiko error mekanik karena selang infus nyangkut.
-proses penggantian cartridge sulit, sehingga perlu dibawa ke tempat service printer.
-membutuhkan perawatan ekstra, karena semakin tinggi frekuensi cetak, kemungkinan terjadi error semakin besar.

Info tambahan dan saran:

  • Cartridge memiliki usia pakai, sehingga tidak mungkin cartridge Anda akan awet selamanya. Yang dapat dilakukan adalah memperpanjang usia pakai cartridge tersebut.
  • Jika anda adalah pengguna rumahan dengan frekuensi cetak yang tidak terlalu tinggi, sangat disarankan untuk menggunakan sistem refill. Proses refill ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu membuat lubang untuk memasukkan tinta (diameter kita2 1-2 mm), kemudian menyuntikkan tinta sesuai dengan kapasitas cartridge yang digunakan.
  • Sistem infus cocok bagi Anda yang memiliki frekuensi cetak cukup tinggi karena Anda tidak perlu repot harus sering-sering mengisi tinta pada cartridge. Namun jangan lupa bahwa penggunaan sistem infus juga memerlukan ekstra perawatan. Siapkan tenaga khusus atau pelajari mengenai troubleshooting printer.
  • Gunakan tinta refill dengan kualitas baik, jangan gampang tergiur dengan penwaran harga murah. Karena kualitas tinta juga sangat berpengaruh pada keawetan head cartridge.


Solusi penggunaan infus merupakan pengembangan dari sistem refill atau isi ulang. Jadi sebenarnya sistem infus hanya menyelesaikan satu permasalahan saja, yaitu proses isi ulang tinta cartridge. Namun para penjual jasa modifikasi infus jarang sekali menginformasikan mengenai permasalahan apa saja yang mungkin timbul dengan pemasangan sistem infus tersebut.

Pilihlah dengan bijak disesuaikan dengan kebutuhan Anda.